Kumpulan Ucapan Belasungkawa Terbaik dan Menenangkan Hati

kumpulan-ucapan-belasungkawa-terbaik

Kesehatanku.my.id – Pada saat terjadi kematian, banyak ucapan belasungkawa dari teman, kolega sebagai bentuk dukacita atas kematiannya. Selain itu, ucapan duka cita ini juga dilakukan guna memberikan rasa simpati terhadap keluarga yang ditinggalkan. Berikut kumpulan ucapan belasungkawa yang bisa Anda gunakan jika sewaktu-waktu kerabat atau teman terdekat ada tertimpa kemalangan.

Kumpulan Ucapan Belasungkawa

Kumpulan ucapan belasungkawa 1-5:

  • “Engkau bagaikan lilin yang selalu menerangi jalan kami yang gelap, kami selalu berdoa padamu aemoga seluruh usaha bijakmu selama ini selalu menjadi iman yang berguna bagi bangsa dan negara. Selamat tinggal guruku tersayang, semoga Allah menerima semua amal ibadahmu dan semoga Allah menjagamu selalu di sisi-Nya.”
  • “Seseorang yang mengajar bukan berarti dia telah berhenti belajar, selamat jalan guruku. Di hari kepergianmu ini kami senandungkan doa yang paling indah untukmu. Semoga engkau tenang di sisi-Nya”
  • “Setiap yang bernyawa akan Allah tetapkan batas waktunya, maka bersabarlah atas segala kejadian yang kini menimpamu. Percayalah pasti Allah telah menyelipkan hikmah dibalik rasa sedih dan duka.”
  • “Turut berduka cita atas meninggalnya(sebutkan namanya). Semoga segala amal ibadahnya diterima Allah Subhana wa ta’ala dan diampuni segala dosanya. Untuk keluarga yang telah ditinggalkan semoga diberi ketabahan dan kesabaran.”
  • “Saya turut berduka cita atas kepergian(sebutkan namanya), semoga almarhum/alamarhumah diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Semoga engkau dan keluarga yang kini telah ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima musibah ini. Innalloha ma’ashobirin, percayalah sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar.”

Kumpulan ucapan belasungkawa 6-10:

  • “Kami atas nama keluarga besar turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya(sebutkan namanya). Kami berharap anda selalu bersabar dan selalu tabah dalam menghadapi kepergian almarhum/almarhumah. Ingatlah selalu ayat alquran yang berbunyi, kullu mafsin dzaiqotul maut. Semoga dengan mengingat ayat itu anda selalu merelakan kepergiannya.”
  • “Dirimu takkan pernah tergantikan sampai kapanpun, pengabdianmu sebagai seorang guru sangat berarti. Petuah-petuah mu selalu mengiringi langkah kami dan kemanapun aku melangkah kaki. Engkau telah selayaknya cahaya yang selalu menerangi langkah kami di dalam kegelapan. Selamat jalan guruku tercinta. Semoga engkau tenang di sisi-Nya.”
  • “Engkau selalu membagikan ilmu yang sangat bermanfaat, yang bisa kujadikan bekal ketika dewasa kelak. Namun, sayangnya disaat engkau telah tiada dan kepergianmu meninggalkan luka yang mendalam bagi semua. Setiap tetesan air mata kami mengiringi kepergianmu, aku hanya bisa berdoa agar Allah membukakan jalanmu ke surga-Nya yang seluas langit dan bumi. Aamiin.”
  • “Telah sekian lama rasanya kita menghabiskan waktu bersama, ikatan guru dan murid layaknya ikatan keluarga. Kenangan terindah semasa engkau mendidik kami tidak akan pernah bisa dilupakan seumur hidupku. Jasamu juga akan selalu aku kenang dalam benakku, selamat jalan guruku, semoga engkau dapat hidup tenang di sisi-Nya. Aamiin”
  • “Turut berduka cita atas meninggalnya(sebutkan namanya), siswa kami yang cerdas, rajin, dan sholeh. Semoga orang tuanya diberikan ketabahan dan kemudahan dalam mengarungi hidup selanjutnya. Siswa tersebut telah mengharumkan nama sekolah dalam beberapa lomba akademis. Semoga, prestasi almarhum mampu memberikan kebahagiaan dan kebanggan kepada orang tua yang ditinggalkan. Aamiin.”

Kumpulan ucapan belasungkawa 10-13:

  • “Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Telah meninggal dunia anak kami(sebutkan namanya) yang telah berjuang melawan penyakit yang diderita selama ini. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Serta semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa ikhlas dalam menerima ketentuan Allah. Aamiin.”
  • “Turut berduka cita dan yang sedalam-dalamnya. Semoga kamu diberikan kesabaran oleh Allah. Semoga ia berada dalam tempat terbaik di samping Allah.”
  • “Saya turut bersedih atau meninggalnya almarhum. Semoga beliau diampuni dosanya, ibu kamu, dan keluarga diberikan kesabaran serta kekuatan. Aku berdoa agar kamu tidak bersedih dalam waktu lama. Sebab, hidup harus tetap berjalan.”

Itulah beberapa referensi ucapan belasungkawa yang bisa Anda gunakan jika ingin menenangkan orang terdekat Anda yang tiba-tiba mengalami musibah berupa kematian. Ingat, usahakanlah untuk selalu berempati dan tidak menyinggung atau menanyakan hal yang dapat menyakiti hati orang tersebut ya, readers!

Baca juga: Kumpulan Kata-kata Persahabatan dari Tokoh Terkenal

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *