Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Kulit Kering

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Kulit Menjadi Kering

Kulit kering merupakan masalah kulit yang kerap dialami setiap orang, kondisi ini dikarenakan kurangnya cairan pada lapisan luar kulit. Area yang paling rentan mengalami kulit kering adalah bagian tubuh yang terbuka seperti lengan, tangan dan juga kaki.

Kondisi ini seringkali membuat tidak nyaman pada sebagian orang. Kulit kering dapat membuat kulit menjadi kasar, bersisik, mengelupas bahkan terdapat garis-garis retakan yang parah hingga mengeluarkan darah.

Maka dari itu untuk menghidari masalah kulit ini ada baiknya kalian mengenali beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Baca Juga : 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Penuaan Dini

Berikut hal-hal yang membuat kulit menjadi kering :

1. Menggosok kulit

Menggosok kulit merupakan kebiasaan yang mungkin sering kita lakukan sehari-hari, tidak lain hal ini dimaksudkan untuk membersihkan kulit. Namun ternyata menggosok kulit secara berlebihan atau bahkan menggunakan alat bantu seperti spons justru dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Adanya gesekan yang terjadi saat menggosok kulit dapat merusak lapisan kelembapan di permukaan kulit sehingga kulit menjadi kering.

2. Iritasi

Iritasi ini juga bisa membuat kulit menjadi kering. Iritasi dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya saja karena sabun yang kita gunakan. Selain itu iritasi pada kulit juga bisa disebabkan dari bahan pakaian yang kita pakai dan bahkan dari penggunaan deterjen ataupun pelembut kain.

3. Bertambah Usia

Semakin bertambahnya usia dapat mempengaruhi keadaan kulit seseorang menjadi semakin tipis dan kering. Hal ini wajar terjadi karena semakin tua seseorang maka hormon yang diproduksi tubuh pun semakin berkurang, penurunan hormon ini juga meliputi hormon yang berhubungan dengan kesehatan kulit.

4. Perubahan Cuaca

Adanya berubahan cuaca ternyata juga dapat mempengaruhi tingkat kelembapan udara, sedangkan kelembapan udara yang terlalu rendah dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Semakin rendah kelembapan pada udara yang biasa terjadi saat suhu dingin membuat kulit terasa semakin kering.

5. Salah Memakai Sabun

Ada baiknya kita menggunakan sabun yang sesuai dan diperuntukan untuk kulit karena memakai sabun yang tidak diperuntukan untuk kulit dapat membahayakan. Hal ini menyebabkan pelembap alami pada kulit terkikis dan membuat kulit menjadi kering.

Author: Fatma Ningrum

1 thought on “Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Kulit Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *