Inilah Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

cara-mengatasi-wajah-berminyak

Kesehatanku.my.id – Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap orang itu memiliki tipe kulit yang berbeda-beda. Ya, ada yang tipe kulit normal, tipe kulit kering, dan juga tipe kulit berminyak.

Pada umumnya, kebanyakan masyarakat kita itu adalah tipe kulit berminyak. Tentu saja kondisi kulit wajah berminyak ini dapat merusak penampilan kita.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips alami mengenai cara mengatasi wajah berminyak.

cara-mengatasi-kulit-berminyak

1. Menggunakan Masker Buah Jeruk Lemon

Cara alami pertama yang ampuh untuk mengatasi kulit wajah berminyak, yakni dengan menggunakan masker buah lemon.

Mengapa harus buah lemon? Pasalnya, buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat mengurangi produksi sebum penyebab munculnya minyak di kulit wajah.

Mengenai cara membuat maskernya, siapkan 1 buah lemon segar, potong jadi dua bagian, lalu gosokkan salah satu potongannya ke wajahmu secara merata.

Diamkan sekitar 15 menit, setelah itu bilas lagi wajahmu dengan air dingin sampai bersih.

2. Menggunakan Masker Putih Telur & Madu

Selain buah lemon, kamu juga bisa menggunakan masker putih telur & madu untuk mengatasi masalah kulit wajah berminyak.

Kita langsung saja ke cara pembuatan maskernya, siapkan 1 butir telur, pisahkan antara kuning dan putih telurnya, dan sisihkan putih telur tersebut kedalam mangkuk.

Tambahkan dengan 1 sendok makan madu murni, aduk-aduk, dan aplikasikan pada wajahmu sambil dipijat memutar perlahan.

Diamkan hingga maskernya terasa kering, kemudian bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

3. Menggunakan Masker Yoghurt & Buah Pisang

Tak hanya efektif untuk mengatasi masalah jerawat, masker yoghurt & buah pisang ini juga sudah terbukti ampuh untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel lho.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, masker tersebut dapat melembutkan dan mencerahkan kulit dalam waktu singkat. Siapkan 1 buah pisang (jangan yang terlalu matang), kupas kulitnya, iris tipis daging buahnya, kemudian celupkan kedalam yoghurt tawar.

Tempelkan irisan buah pisang yang sudah dicelupkan pada yoghurt tadi kewajahmu secara merata, tekan perlahan-lahan, dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, silahkan bilas kembali wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

Baca juga: 4 Cara Memperbanyak Asi Secara Alami

4. Menggunakan Masker Aloe Vera

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa aloe vera alias lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Ya, salah satunya dapat mengatasi masalah kulit wajah berminyak secara alami. Siapkan 1 batang tanaman lidah buaya, kupas kulitnya, ambil dagignya yang seperti gel, kemudian tumbuk sampai hancur.

Aplikasikan gel lidah buaya tersebut ke wajahmu, sambil dipijat memutar perlahan, dan diamkan selama 30 menitan. Jika sudah, segera bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

5. Menggunakan Masker Buah Pepaya

Cara alami berikutnya yang ampuh untuk mengatasi kulit wajah berminyak, yakni dengan menggunakan masker buah pepaya. Siapkan beberapa potongan buah pepaya, kupas kulit dan bijinya, sisihkan kedalam mangkuk, lalu lumatkan sampai lembut.

Oleskan masker pepaya tersebut ke wajahmu, beri pijatan memutar secara lembut, diamkan selama 15 menitan, kemudian bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi wajah berminyak yang terbukti ampuh. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: Beberapa Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Efektif

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *