5 Kebiasaan yang Menyebabkan Penuaan Dini

Kebiasaan Yang Menyebabkan Penuaan Dini

Memiliki wajah yang selalu terlihat muda dan kencang memang hal yang diinginkan semua orang, namun tidak bisa dihindari bahwa semakin bertambahnya usia seseorang maka jaringan kolagen dan elastis pada kulit juga akan berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput.

Tapi taukah kalian? Ternyata ada beberapa hal loh beberapa kebiasaan yang membuat seseorang mengalami penuaan dini, kondisi ini membuat seseorang terlihat lebih tua daripada usia yang seharusnya. Maka dari itu ada baiknya kalian kenali dan hindari beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini.

1. Merokok

Merokok memang sangatlah tidak baik untuk kesehatan, namun ternyata merokok juga dapat mempengaruhi penampilan seseorang loh. Perokok akan lebih cepat untuk mengalami penuaan, hal ini dikarenakan adanya kerusakan tubuh yang disebabkan oleh zat-zat beracun yang ada pada rokok dan terjadi hambatan peredaran darah ke wajar, akibatnya wajar menjadi keriput dan rona wajah menjadi kusam.

2. Minum Alkohol

Mengkonsumsi minuman alkohol yang berlebihan juga dapat menyebabkan penuaan dini, hal ini dikarenakan adanya kerusakan jaringan yang disebabkan akibat radikal bebas. Selain itu alkohol juga menurunkan kadar vitamin A, B3 dan C yang dapat berfungsi untuk regenerasi sel baru.

3. Kurang Tidur

Siapa bilang kurang tidur itu hanya berdampak bagi kesehatan? Nyatanya kurang tidur juga dapat berdampak buruk bagi penampilan loh salah satunya adalah penuaan dini. Menurut penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami gangguan tidur kronis lebih beresiko mengalami masalah pada kulit. Kurangnya tidur juga membuat seseorang terlihat kurang segar.

4. Pola Makan Tidak Baik

Taukah kalian? Pola makan juga dapat mempengaruhi kondiri kulit seseorang, kandungan gizi yang kurang baik dalam makanan dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu terdapat juga beberapa makanan yang merusak kolagen pada kulit dan dapat memicu penuaan dini, misalnya adalah makanan karbohidrat olahan seperti pasta dan juga makanan yang banyak mengandung gula.

5. Terpapar Sinar Matahari

Hati-hati! Sinar UV yang terdapat dalam paparan sinar matahari dapat merusak jaringan elastis pada kulit, selain itu sinar matahari dapat menyebabkan meningkatkan risiko kanker kulit, kulit menghitam dan juga penuaan dini. Untuk mengatasi masalah ini kalian dapat menggunakan tabir surya dengan SPF 15 kali sebelum beraktivitas di luar rungan terutama di jam 11.00 – 15.00.

Baca Juga : Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Kulit Kering

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *