5 Tips Mudah Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

kesehatanku.my.id – Siapa yang tak ingin selalu memiliki tubuh sehat dan bugar setiap harinya? Semua orang pasti menginginkannya. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat yang memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan Anda. Namun seringkali banyak orang yang mengabaikan hal ini, bisa dikarenakan malas atau lupa menjalankannya. Pola hidup sehat memang perlu dilakukan secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan manfaat kesehatan jangka panjang. Pada dasarnya, menjalani hidup sehat juga bukan hal yang ribet asalkan Anda berkomitmen melakukannya dengan Tips mudah menjaga tubuh. berikut ulasannya :

1. Menyempatkan untuk berolahraga

Pola hidup sehat tentunya identik dengan rajin melakukan olahraga. Bagi orang dewasa disarankan untuk melakukan olahraga minimal setiap 2.5 jam setiap minggu. Peregangan dalam olahraga tentu sangat bagus dilakukan untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Anda bisa melakukan olahrag yang ringan seperti bersepeda, berenang, yoga, berlari atau lainnya. 

Atau jika Anda punya banyak waktu, bisa juga pergi ke gym untuk membentuk massa otot serta membakar kalori tubuh. Setidaknya berjalan kaki 10.000 langkah setiap harinya berguna untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

2. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih menjadi salah satu pola hidup sehat yang jangan sampai Anda lewatkan. Untuk tetap menghidrasi tubuh Anda, bagi orang dewasa dibutuhkan sekitar 8 gelas perharinya. Anda boleh menambahkan irisan jeruk atau lemon agar terasa segar.

Tetapi sebaiknya hindari untuk banyak minuman ringan yang bergula, bersoda maupun minuman energi lainnya. Hal tersebut bisa menjadi pemicu masalah diabetes pada tubuh Anda. 

Baca Juga : 7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan

3. Memiliki waktu tidur yang cukup

Jangan seringkali bergadang, sebab hal tersebut tidak baik dilakukan untuk tubuh Anda. Miliki waktu tidur yang cukup yaitu sekitar 8-9 jam untuk orang dewasa di malam hari. Waktu tidur yang cukup mampu mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik, fokus lebih tajam serta mudah menyerap hal baru.

Selain itu, waktu tidur yang cukup juga mampu menurunkan berat badan serta risiko penyakit jantung. Apalagi, jika waktu tidur yang cukup tersebut bisa terpenuhi setiap harinya.

4. Makan makanan yang bergizi seimbang

Agar tubuh senantiasa sehat dan bugar, maka menjaga pola makan juga menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu tubuh Anda dalam menyediakan energi. Selain itu, mampu menurunkan resiko penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung dan lain-lain. 

Sebaiknya, sediakan menu makanan yang terdapat protein dari nabati dan hewani, serat, karbohidrat dan lemak. Jangan lupa untuk perbanyak makan sayur serta buah-buahan.

5. Menjaga kesehatan mental

Siapa bilang kesehatan mental tidak berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda? Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan tetap menjaga kesehatan tubuh Anda. Apabila Anda merasa depresi, cemas, stres yang berlebihan bisa meningkatkan peluang penyakit kronis. Selain itu, juga bisa mempengaruhi fokus dan energi Anda.

Jika merasa tidak baik-baik saja, ada baiknya untuk membicarakan hal ini bersama keluarga, teman atau pasangan agar bisa meringankan beban pikiran Anda. Atau Anda juga bisa langsung menemui psikolog agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Nah itu tadi Mudah menjaga tubuh dan pola hidup sehat yang perlu Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjaga kesehatan tubuh tentu menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar tubuh selalu seat, bugar dan dijauhkan dari penyakit. Anda bisa memulainya dari sekarang. 

Baca Juga : Rekomendasi Skincare Pria Untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *