Cara Membuat Obat Batuk Herbal yang Bisa Anda Buat Sendiri

obat batuk herbal

Pada saat musim penghujan seperti ini biasanya sering timbul berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri dan virus. Karena memang bakteri dan virus ini lebih aktif dan berkembang pada saat musim hujan. Adapun penyakit yang sering timbul menjangkit manusia pada saat musim penghujan ini adalah seperti flu, batuk, dan pilek. Berbicara soal batuk, jika  pada saat ini tenggorokan anda merasa gatal-gatal sehingga menyebabkan batuk, anda jangan khawatir karena dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang bagaimana cara membuat obat batuk herbal yang bisa anda buat sendiri di rumah sebagai berikut :

  1. Madu

Madu ini merupakan salah satu minuman yang banyak sekali khasiatnya, termasuk untuk mengobati batuk. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut : Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat minuman yang terdiri dari 2 campuran, yakni campuran 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat, ditambah dengan perasan air lemon.

  1. Air Garam

Jika anda mengalami batuk yang disertai gatal pada tenggorokan, anda bisa mencoba mengobatinya dengan cara berkumur dengan air garam. Cara pembuatannya adalah : cukup campurkan ¼ – ½ sendok teh garam kedalam 240 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur, sehingga rasa gatal pada tenggorokan yang menyebabkan batuk tersebut bisa diredakan. Cara ini memang mudah dan sederhana, akan tetapi tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia 6 tahun, hal ini dikarenakan pada anak usia ini biasanya belum bisa berkumur dengan baik, sehingga takutnya malah tertelan.

obat batuk herbal

  1. Jahe

Jahe ini memang terkenal sebagai rempah-rempah yang bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi batuk. Rasanya yang khas bisa menghangatkan tenggorokan sehingga bisa meredakan batuk yang diderita.  Untuk bisa memanfaatkan jahe ini sebagai obat batuk herbal, anda bisa mencoba untuk menyeduh beberapa iris jahe dengan air panas lalu tunggu selama beberapa menit. Setelah hangat, anda bisa langsung meminum teh jahe tersebut sebagai obat batuk herbal. Selain itu, jahe juga bisa bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan serta mual-mual yang dirasakan pada saat terkena penyakit flu.

  1. Bawang Merah

Selain sebagi obat batuk alami untuk orang dewasa, bawang merah  ini bisa dijadikan sebagai obat batuk alami untuk bayi dan anak-anak. Adapun caranya adalah, iris bawang merah tersebut menjadi beberapa bagian lalu tempatkan irisan bawang merah tersebut di samping tempat tidur. Perlu anda ketahui bahwa manfaat bawang merah ini dalam mengatasi batuk tersebut didapat melalui efek uap yang keluar dari irisan bawang merah tersebut. Cara ini sangat populer di negara Prancis dan Spanyol.

  1. Nanas

Cara selanjutnya untuk mengatasi batuk secara alami adalah dengan cara mengkonsumsi nanas. Menurut penelitian bahwa nanas ini terdapat kandungan bromelain yang bisa meredakan batuk serta mengencerkan lendir di tenggorokan. Untuk bisa mendapatkan manfaat nanas ini, anda bisa mengkonsumsi sepotong nanas atau 100 ml jus nanas segar sebanyak 3 kali dalam sehari.

Mudahkan? Nah, jika anda sedang batuk jangan dulu minum obat warung atau pergi ke dokter. Tetapi anda bisa membuat obat herbal yang alami seperti yang sudah disebutkan diatas. Selamat mencoba!

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *