Inilah 3 Jenis Tumbuhan Jamu dan Khasiatnya

Manfaat-Jamu

Bagaimana kabar kita hari ini? Sehat atau justeru sedang sakit? Pergantian musim dari musim panas ke musim hujan atau kebalikannya biasanya tidak sedikit yang mengeluh sakit ya.

Sebenarnya ini sebab daya tahan tubuh anda menjadi lemah saat perubahan cuaca secara drastis. Bersyukurlah guna Anda yang sedang sehat, untuk Anda yang sedang sakit usahakan rajin berolahraga, penuhi asupan bergizi sebanding untuk tubuh supaya tidak gampang terserang penyakit.

Di samping itu, kita juga dapat rutin meminum jamu guna mengobati dan menghindari dari terkena sejumlah penyakit.

Jamu ialah tanaman tradisional yang biasa dimanfaatkan sebagai obat dan pun rempah masakan. Hingga ketika ini juga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengizinkan adanya pengobatan memakai obat tradisional dengan kriteria telah teruji secara klinis.

Di samping itu, menurut Data Penelitian Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas mengindikasikan bahwa di tahun 2013, 60% dari warga Indonesia dengan rentang umur 15 tahun ke atas telah pernah mengkonsumsi jamu. Hasilnya, 95% dari seluruh yang mengkonsumsi jamu telah menikmati manfaatnya sendiri.

Anda tertarik mencobanya? Coba kita pelajari lagi guna jamu supaya Anda dapat mengetahui lebih lanjut alangkah berkhasiatnya tumbuhan herbal yang tumbuh di tanah Indonesia anda ini.

1.Kunyit

Kencur

Kunyit adalahrimpang yang paling multifungsi. Selain dapat dimanfaatkan sebagai obat juga dapat untuk meningkatkan cita rasa masakan. Warnanya yang kuning menciptakan masakan menjadi lebih berwarna.

Manfaatnya untuk kesehatan ialah mampu menolong Anda menyembuhkan penyakit osteoarthritis dan pun penyakit kolesterol tinggi.

Mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas. Selain tersebut juga berkhasiat guna mengobati penyakit kuning, radang gusi, diabetes, radang mata, penyakit Alzheimer, dan masih tidak sedikit lagi.

2. Jahe

Jahe

Meskipun rasanya tidak banyak pedas, jahe memiliki tidak sedikit manfaat guna kesehatan tubuh kita lhoh. Jadi tidak boleh abaikan jahe dalam kehidupan kita ya. Aromanya yang paling menyegarkan dapat mengurangi rasa mual ibu hamil di pagi hari. Manfaat lainnya yang dapat didapatkan ialah kehangatan ketika meminum air jahe.

Mengobati radang sendi, perut kembung, dan pun nyeri ketika menstruasi. Meskipun terdapat dua jenis jahe, jahe biasa dan jahe merah namun dua-duanya sama-sama mempunyai khasiat yang luar biasa. Keduanya dapat dijadikan jamu guna kesehatan.

3. Kencur

Kencur

Pernah santap seblak? Pedasnya bukan main? kita tahu tidak mengapa di seblak tersebut tentu ada kencur? Karena kencur hakikatnya dapat menetralisir rasa pedas supaya tidak menciptakan perut kita mulas.

Selain tersebut juga melegakan perut kembung dan menciptakan masakan kita semakin harum dengan wewangian yang khas. Bagi kalian yang ingin update seputar informasi kesehatan lainnya, kunjungi terus Kesehatanku.my.id.

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *