Inilah 4 Bahaya Lampu Kamar Bagi Kesehatan

Bahaya-tidur-dengan-lampu-menyala

Apakah kita tipe orang yang suka istirahat dengan lampu menyala? Atau malah tidak dapat tidur dengan suasana yang cerah benderang? Jika Anda ialah tipe orang yang suka istirahat dengan lampu menyala, usahakan Anda mesti tahu akibat buruk yang bakal dihadapi di lantas hari.

Bersyukurlah andai selama ini Anda istirahat dengan lampu yang mati atau istirahat dalam keadaan gelap. Selain dapat lebih menghemat ongkos listrik, pun lebih baik guna kesehatan.

Meskipun ada sejumlah jenis lampu yang baik guna kesehatan laksana lampu berwarna biru cerah di siang hari dapat menambah fokus dan mendinginkan pikiran. Namun, bertolak belakang jika kita nyalakan di malam hari, malah akan mengganggu kesehatan.

Berdasarkan keterangan dari hasil penelitian semua ahli, istirahat di malam hari dengan lampu yang menyala dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kesehatan laksana obesitas, depresi pikiran, bahkan parahnya lagi terpapar kanker.

Tentunya kita tidak inginkan hal ini terjadi bukan? Jadi lebih baik mulailah membudayakan diri untuk istirahat dengan keadaan yang gelap atau minimal dengan intensitas cahaya yang minim sekali.

Yuk langsung saja anda simak apa saja akibat buruk cahaya lampu untuk kesehatan tubuh:

tidur-dengan-lampu-menyala

1. Terjadinya Obesitas atau Kegemukan

Banyak orang berpikir bahwa obesitas terjadi sebab terlalu tidak sedikit makan atau tidak pernah berolahraga. Namun, ternyata setelah dianalisis faktor obesitas lainnya ialah disebabkan istirahat dengan lampu yang menyala. Dampak dari cahaya lampu di malam hari ketika tidur ini yang mengolah pola makan sampai Anda akan susah mengontrol makan. Hal ini mengakibatkan berat badan naik secara drastis.

2. Meningkatnya Depresi

Berdasarkan keterangan dari hasil penelitian, istirahat dengan lampu menyala akan memunculkan perubahan fisiologis terhadap tubuh. Ini akan berdampak pada perubahan situasi tertentu pada benak dan akhirnya memunculkan depresi. Namun, untuk akibat yang ini masih terus dianalisis oleh semua ahlinya.

3. Mengganggu Sistem Reproduksi

Terkadang orang yang bekerja dengan peralihan shift lebih rentan terhadap masalah kesehatan reproduksi. Kenapa? Karena seringkali orang yang mempunyai bagian shift malam bakal lebih tidak sedikit terkena cahaya lampu malam.

Ini pastinya tidak baik guna kesehatan sistem reproduksi. Terutama andai Anda ialah wanita. Bekerja shift malam laksana inilah yang nantinya bakal mengganggu siklus menstruasi. Selain tersebut juga waktu istirahat akan mulai terganggu sampai Anda bakal merasa lemas tidak segar ketika bangun di pagi hari.

4. Tumbuhnya Sel Kanker

Cahaya lampu di malam hari juga dapat membangunkan sel-sel kanker. Inilah di antara penyebab tumbuhnya sel kanker prostat pada lelaki dan sel kanker payudara pada wanita. Oleh sebab tersebut Anda perlu beranggapan ulang bila hendak tidur dengan lampu yang menyala di malam hari.

Itulah 4 bahaya lampu kamar menyala saat tidur bagi kesehatan. Bagi kalian yang ingin update seputar informasi kesehatan lainnya, kunjungi terus Kesehatanku.my.id.

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *