Makanan yang Menyebabkan Asam Urat Tinggi

makanan yang menyebabkan asam urat

Pada umumnya, penyakit asam urat ini kerap dialami oleh orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas. Namun, tak jarang juga penyakit asam urat ini menyerang orang-orang yang usianya di bawah 50 tahun. Menurut informasi yang didapat, ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan asam urat tinggi lho. Makanan-makanan apa sajakah itu? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Jeroan Hewan

Jenis makanan pertama yang dapat menyebabkan asam urat tinggi, yakni berupa jeroan hewan seperti usus, ginjal, otak, ampela, hati, limpa, lidah, dan lain sebagainya. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, jeroan hewan ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi, sehingga menghasilkan cita rasa yang begitu gurih. Nah, kandungan purin tersebutlah yang akan memicu asam urat menjadi tinggi.

makanan yang menyebabkan asam urat

  1. Makanan Laut

Selain jeroan hewan, makanan-makanan lautnya juga dapat memicu asam urat menjadi tinggi lho. Adapun mengenai berbagai jenis makanan-makanan laut yang harus dihindari seperti cumi-cumi, ikan sarden, ikan teri, ikan tuna, ikan makarel, kepiting, udang, kerang, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan jeroan hewan, makanan laut juga memiliki kandungan purin yang snagat tinggi.

  1. Daging Merah

Masih seputar makanan-makanan hewan, dimana daging merah ini juga harus dihindari. Sebenarnya, daging merah ini harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein dan vitamin bagi tubuh. Akan tetapi, kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, daging merah kaya akan kandungan purin. Ada berbagai jenis daging merah yang harus kamu waspadai seperti daging kambing, sapi, domba, dan hewan berkaki empat lainnya.

  1. Kacang-kacangan

Dibalik ukurannya yang kecil, ternyata kandungan purin dalam kacang-kacangan ini terbilang cukup tinggi lho. Tentu saja kacang-kacangan ini bisa memicu asam urat menjadi tinggi, apabila dikonsumsi secara berlebihan. Ada berbagai jenis kacang-kacangan yang harus kamu hindari seperti kacang panjang, kacang tanah, kacang merah, melinjo (emping), tauge, dan lain sebagainya.

  1. Beberapa Jenis Sayuran

Sejatinya sayuran ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, ada beberapa jenis sayuran yang tidak bersahabat bagi orang-orang yang memiliki penyakit asam urat. Lantas, jenis sayuran apa sajakah yang harus dihindari? Jenis sayuran tersebut diantaranya adalah kangkung, kol, bayam, daun pepaya, daun singkong, asparagus, buncis, dan jamur kuping. Pasalnya, jenis-jenis sayuran tersebut memiliki kandungan purin yang sangat tinggi.

  1. Kuliner-kuliner Manis

Jenis makanan terakhir yang dapat meningkatkan asam urat itu adalah kuliner-kuliner manis seperti minuman kaleng, kurma, pir, anggur, dan kuliner manis lainnya.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat memicu asam urat tinggi. Bagi kamu yang menderita penyakit asam urat, tentunya makanan-makanan diatas tadi harus dihindari.

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *