7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan

Salmon-fish

Kesehatanku.my.id – Bukan hanya dikenal karena rasanya yang enak dan lezat, ikan salmon juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Ikan yang biasanya ada pada makanan sushi ini kini bisa Anda temukan dengan mudah baik di pasar-pasar, supermarket, ataupun restoran Jepang.

Namun tidak banyak yang mengetahui jika ikan ini memiliki banyak kandungan yang bagus untuk kesehatan, seperti protein, vitamin, kalium, selenium, omega-3, asam lemak esensial, dan masih banyak lagi.

Karena kandungannya yang cukup tinggi, ikan salmon banyak diburu dan diolah menjadi menu makanan sehat.

Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan ikan salmon untuk mencegah dan mengurangi resiko penyakit tertentu. Berikut manfaat ikan salmon untuk kesehatan yang tidak banyak diketahui:

1. Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Kandungan omega-3 pada ikan salmon baik untuk menjaga kesehatan organ jantung. Zat yang masuk dalam ketegori asam lemak tak jenuh ini mampu mengurangi terjadinya peradangan di dalam tubuh manusia.

Peradangan yang dibiarkan terus-menerus akan merusak pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Selain itu, asal lemak omega-3 ini juga baik untuk mengurangi resiko stroke dan gagal jantung.

2. Menjaga Tulang dan Sendi

Salah satu nutrisi yang paling banyak diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah vitamin D. Bila selama ini orang mendapatkan vitamin D dengan cara berjemur di bawah terik sinar matahari ataupun dengan mengkonsumsi supleman.

Maka dengan rajin mengkonsumsi ikan salmon yang kaya kandungan vitamin D, maka kebutuhan nutrisi tulang pun bisa tercukupi. Dimana diketahui ikan salmon memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi danbaik untuk menjaga tulang dan sendi.

3. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ikan salmon yang mengandung asam lemak omega-3 jenis EFA ini sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak terutama bagi anak-anak.

Bukan hanya untuk anak-anak saja, ikan salmon juga bisa dikonsumsi untuk mereka yang mengidap ADHD atau gangguan pemusatan perhatian. Dimana dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin, maka dapat mengurangi gejala gangguan tersebut.

Baca juga: Seperti Inilah Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan Daya Ingat

Seiring bertambahnya usia, biasanya daya ingat seseorang pun mulai menurun. Untuk mencegah hal tersebut, seseorang bisa mengkonsumsi ikan salmon secara rutin.

Kandungan omega-3 nya yang cukup tinggi mampu membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Selain itu, ikan salmon mampu mengurangi resiko demensia atau hilangnya fungsi mental.

5. Mengurangi Depresi

Ternyata kandungan omega-3 pada ikan salmon memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya untuk mengurangi depresi.

Dimana berdasarkan sebuah studi menemukan bahwa seorang ibu hamil yang mengkonsumsi ikan salmon secara rutin mampu mengurangi rasa depresi selama kehamilan.

6. Mencegah Obesitas

Ikan salmon memang sangat bagus dijadikan sebagai menu diet sehat. Dimana kandungan nutrisinya yang cukup tinggi membuat ikan ini mampu mengontrol berat badan secara ideal dan mencegah penyakit obesitas.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan asam amino dan omega-3 pada ikan salmon juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Dimana ikan salmon dipercaya mampu meningkatkan penglihatan seseorang, mengatasi keletihan pada mata, dan juga kekeringan mata kronis.

Selain itu, seseorang yang rutin mengkonsumsi ikan salmon 2 kali dalam seminggu juga dapat menurunkan resiko terkenanya penyakit mata kronis hingga kebutaan.

Itulah 7 manfaat ikan salmon untuk kesehatan. Ikan salmon dapat dikonsumsi secara rutin untuk mencegah dan mengurangi resiko terkenanya suatu penyakit tertentu.

Baca juga: Proses Bayi Tabung yang Harus Anda Ketahui

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *