6 Manfaat Luar Biasa Temulawak Untuk Kesehatan

manfaat-temulawak-untuk-tubuh

Kesehatanku.my.id – Salah satu tanaman yang sering dijadikan bahan obat hebal/jamu adalah temulawak. Memang temulawak ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan kunyit. Cuman bedanya, kunyit memiliki bunga majemuk. Dimana, mahkotanya memiliki panjang 3 cm dan lebar 1,5 cm yang berwarna kuning dengan kelopak berbentuk silindris. Sedangkan temulawak, biasanya memiliki bunga berawarna putih kemerahan atau kekuningan. Selain itu, temulawak ini memiliki bunga dengan warna putih kemerahan atau kekuningan. Dengan panjang tangkainya sekitar 1,5 cm – 3 cm dengan bunga yang langsung keluar dari rimpang. Lalu apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh? Berikut di bawah ini 6 penjabaran manfaat luar biasa temulawak untuk kesehatan tubuh, yaitu:  

1. Dapat Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Manfaat temulawak untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mengatasi masalah sistem pencernaan. Dimana, temulawak ini bisa merangsang cairan empedu di kantong empedu. Dengan demikian hal ini bisa membanti sistem pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh anda. Selain itu, menurut para ahli, temulawak ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, membantu pencernaan yang kurang lancar, dan meningkatkan nafsu makan anda. Bahkan, ada sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology yang meminta para pasien yang mengalami pradangan usus untuk mengosumsi temulawak ini setiap hari. Alhasil, para pasien ini mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan para pasien lainnya yang tidak mengonsumsi temulawak. Kerenkan?

2. Dapat Mengatasi Osteoarthritis

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi osteoarthritis. Osteoarthritis ini merupakan penyakit sendi degeneratif, dimana sendi-sendi akan menjadi terasa kaku dan sakit. Hal ini pernah dibuktikan dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di dalam Journal of Alternative anda Complementary Medicine. Dimana, dalam jurnal tersebut dibuktikan bahwa temulawak ini memiliki efek yang sama dengan ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberikan kepada orang penderita osteoarthritis.  

3. Dapat Mencegah dan Membantu Pengobatan Kanker

Manfaat lainnya untuk kesehatan yang bisa anda temukan pada temulawak ini adalah dapat mencegah dan membantu pengobatan kanker. Dimana, temulawak ini sangat bermanfaat untuk membantu dalam pengobatan kanker prostat, kanker usus, dan kanker payudara. Hal ini didukung dengan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2001, yang menunjukkan bahwa temulawak ini bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan kanker prostat. Selain itu, para peneliti dari University of Maryland Medical Center juga menyatakan bahwa tanaman-tanaman herbal mungkin dapat membantu untuk menghentikan pertumbuhan kanker dengan adanya zat antioksidan yang terkandung di dalamnya, termasuk pada temulawak.

Baca juga: Batuk Ketika Hamil? Kenali Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Alami Ini

4. Sebagai Obat Antiradang

Manfaat temulawak lainnya untuk kesehatan adalah sebagai obat antiradang. Karena temulawak ini mengandung senyawa antiradang yang dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang dapat memicu peradangan. Maka dari itu, kandungan antiradang tersebut dapat membantu mengatasi penyakit yang disebabkan oleh peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi. 

5. Sebagai Antibakteri dan Jamur

Perlu diketahui bahwa temulawak ini mengandung berbagai senyawa antibakteri dan antijamur. Dimana, kandungan antijamur dan antibakteri ini sangat bermanfaat, terutama untuk membasmi bakteri Salmonella dan Staphylococcuss secara efektif. Sedangkan senyawa antijamurnya bisa menghilangkan jamur dari golongan dermatofita. 

6. Dapat Mengatasi Jerawat

Selain bermanfaat untuk kesehatan, temulawak juga memilki manfaatnya untuk kecantikan, salah satunya adalah dapat mengatasi jerawat. Karena temulawak ini memiliki sifat astringent yang berfungsi untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjarnya. Bukan hanya itu, kandungan antiseptik pada temulawak ini juga dapat membantu untuk membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Dengan demikian, jerawat yang meradang pun akan segera sembuh dan membaik. 

Itu dia ragam manfaat tanaman obat temulawak bagi kesehatan yang bisa Anda ketahui. Dengan mengonsumsinya secara benar dan teratur, pastilah manfaat-manfaat di atas bisa Anda dapatkan. Selamat mencoba!

Baca juga: Seperti Inilah Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *