Obat Alami yang Manjur Untuk Mengobati Demam

demam

Apakah diantara kalian ada yang pernah mengalami demam? Ya, bisa dipastikan bahwa kita pernah mengalami apa yang namanya demam. Pasalnya, demam itu adalah salah satu jenis penyakit yang umum terjadi. Mulai dari kalangan anak hingga orang tua, baik itu pria maupun wanita, mereka semua pasti pernah mengalami demam. Kondisi demam ini akan ditandai dengan meningkatknya suhu tubuh, yang disertai dengan menggigil. Seluruh badan juga terasa sangat lemas, yang juga diikuti dengan sakit kepala. Ada beragam faktor yang menjadi penyebab demam seperti faktor perubahan cuaca, sering begadang, masuk angin, dan masih banyak lagi. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena pada ulasan kali ini akan membahas seputar beberapa obat alami yang manjur untuk mengobati demam. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

  • Mengonsumsi Kunyit

Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan bahan bumbu masakan yang sering berada di dapur ini? Ya, selain dapat dijadikan bahan bumbu masakan, ternyata kunyit juga dapat kita jadikan obat alami untuk mengobati demam lho. Pasalnya, hal itu dikarenakan kandungan kurkuma pada kunyit yang berperan sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri, dan antifugal. Nah, kandungan tersebutlah yang akan menurunkan demamnya secara bertahap. Mengenai cara pengobatannya, siapkan 3 – 4 batang kunyit, kemudian parut, lalu seduh dengan air panas. Diamkan sampai hangat, lalu minumlah ramuan kunyit tersebut sampai habis. Jika kamu kurang begitu suka terhadap rasanya, silahkan tambahkan dengan madu atau susu kental manis.

demam

  • Menggunakan Bawang Merah

Masih seputar dari bahan bumbu masakan, dimana bawang merah ini juga tidak kalah ampuhnya dalam mengobati demam. Kita langsung saja ke cara pengobatannya, siapkan 1 siung bawang merah, kupas kulitnya, tumbuk sampai halus, kemudian campurkan dengan minyak telon secukupya sambil diaduk-aduk. Selanjutnya balurkan ramuan bawang merah tersebut pada bagian tubuh tertentu seperti dahi, leher, pundak, punggung, dan lain sebagainya.

  • Meminum Air Kelapa Muda

Sejatinya memang belum ada penelitian yang pasti, bahwa air kelapa muda ini dapat menurunkan demam. Namun berdasarkan dari pengalaman banyak masyarakat, yang menyebutkan bahwa air kelapa muda ini cukup efektif dalam menurunkan demam lho. Benar atau tidaknya, tidak ada salahnya juga jika kamu mengonsumsi air kelapa muda tersebut kan?

  • Kompres Dengan Air Hangat

Obat alami berikutnya yang sudah terbukti cukup ampuh untuk mengobati demam, yakni kompres dengan menggunakan air hangat. Biasanya, air hangat tersebut akan dikompreskan pada bagian jidat atau di dada.

Itulah beberapa obat alami yang sudah terbukti manjur untuk mengobati demam. Nah, bagi kamu yang menderita demam, kamu bisa mencoba obat-obatan alami diatas tadi.

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *