Kenali Gejala-Gejala Paru-Paru Basah Biar Mudah Penanganannya

Kesehatanku.my.id – Saat ini, kita telah dihadapkan dengan perkembangan zaman yang sangat maju. Berbagai perkembangan tidak hanya muncul pada satu bidang saja. Perkembangan ini meliputi perkembangan teknologi, pengetahuan, gaya busana, pergaulan dan lain sebagainya.

Perkembangan ini pun memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pola hidup manusia. Terkadang, orang-orang seringkali terlena dengan teknologi maju tersebut. Yang sebelumnya rutin berjalan saat akan bekerja, kini orang-orang lebih memilih kendaraan bermotor pribadi.

Tanpa disadari, kita telah mengurangi aktivitas sehat yang pernah dilakukan sebelumnya. Dan bukannya manusia semakin sadar akan kesehatan tubuh, kemajuan ini malah memunculkan berbagai masalah selain keuntungannya.

Contohnya saja kini banyak masyarakat yang terjangkit penyakit yang disebut paru-paru basah. Ini adalah penyakit yang menyerang organ pernafasan manusia. Terdapat peradangan pada paru-paru sehingga menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Paru-paru basah atau dalam istilah kedokteran disebut Pneumonia sebenarnya memilki gejala yang mudah dikenali. Ciri atau gejala seseorang terkena sakit paru-paru basah hampir sama dengan sakit flu dan pilek.

Oleh karena itu, terkadang sulit untuk membedakan antara sakit paru-paru basah dan sakit ringan biasa. Penyakit pernafasan ini mungkin tampak biasa, tetapi Anda tidak boleh menganggap biasa penyakit ini. Jika tidak dideteksi sedini mungkin, bahkan penyakit yang tadinya ringan ini bisa menyebabkan kematian.

Ada beberapa kasus kesehatan soal paru-paru basah. Penyakit ini bahkan sudah banyak mengakibatkan kematian pada anak usia di bawah 5 tahun. Ya, paru-paru basah tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga menyerang anak-anak. Bahkan persentase anak-anak terkena sakit paru-paru basah sangat besar.

Jika Anda peduli terhadap kesehatan masyarakat Indonesia, terlebih anak-anak maka harus tahu gejala dan pencegahan sakit paru-paru basah. Dengan begitu, Anda dapat menurunkan angka kematian yang disebabkan oleh paru-paru basah.

Deteksi Sekarang Juga Gejala-Gejala Paru-Paru Basah

Gejala-Paru-Paru-Basah

Tindakan pencegahan merupakan aksi penting agar seseorang tercegah dari sakit paru-paru basah. Atau dengan deteksi dini maka bisa menurunkan risiko penyakit semakin parah.

Pengetahuan terkait gejala-gejala paru-paru basah sangat penting dimiliki. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pencegahan ataupun penanganan yang tepat.

Nah, adapun gejala paru-paru basah yang wajib Anda perhatikan adalah sebagai berikut ini.

1. Demam Tinggi

Jika Anda suatu saat mengalami demam yang tinggi dan tidak kunjung turun, maka waspadalah. Sebab ini adalah sebuah ciri yang jelas. Demam yang tinggi merupakan salah satu gejala yang menunjukkan bahwa di dalam tubuh seseorang terdapat masalah. Dan masalah tersebut adalah adanya infeksi pada paru-paru.

Dari infeksi ini dapat menyebabkan demam tinggi yang tidak kunjung turun-turun. Segeralah datang berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui apakah demam tinggi tersebut masih normal atau ada penyakit lain di dalamnya.

Dengan bertanya kepada dokter, Anda bisa melakukan pencegahan agar penyakit paru-paru basah tidak menghampiri.

Karena gejala ini adalah salah satu gejala paru-paru basah. Dengan mengetahui gejalanya, Anda bahkan bisa mebuat paru-paru basah yang dialami berkurang dan hilang.

2. Batuk Kering, Berdahak dan Mengi

Selain demam, gejala yang menandakan bahwa seseorang tersebut mengidap penyakit paru-paru basah adalah orang tersebut mengalami batuk kering. Ini adalah gejala awal yang umum dialami penderita paru-paru basah.

Jangan anggap sepele batuk yang dialami. Bisa saja itu bukan batuk biasa, melainkan itu adalah batuk kering yang merupakan gejala paru-paru basah. Oleh karena itu, periksa ke dokter. Dan gejala ini akan semakin jelas karena biasanya batuk kering diiringi dengan mengi dan dahak.

3. Jantung Berdebar Kencang

Ciri lain yang menunjukkan seseorang terkena paru-paru basah adalah sering mengalami jantung berdebar dengan kencang. Sebagaimana yang kita tahu, paru-paru merupakan organ dalam tubuh yang memiliki fungsi memasok dan menarik pasokan oksigen dari tubuh yangmana dikelola oleh jantung.

Jadi ketika paru-paru seseorang mengalami masalah maka secara otomatis jantung akan merespons. Efek dari paru-paru yang bermasalah ini akan berasa pada jantung.

Baca juga: Inilah 7 Aturan Memakai Ibuprofen Yang Aman

4. Mual dan Muntah

Pada saat Anda mengalami sakit paru-paru basah, asupan oksigen yang dibutuhkan tubuh akan terhambat. Nah, akibat terganggunya asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh maka akan memengaruhi kerja lambung. Sehingga orang yang mengalami paru-paru basah akan mual dan muntah-muntah.

5. Mudah Gelisah dan Gemetar

Paru-paru basah ternyata tidak memberikan dampak secara fisik saja. Adanya infeksi pada paru-paru juga dapat mengakibatkan masalah psikis. Orang yang menderita paru-paru basah akan mengalami gelisah dan gemetar.

Hal demikian ini bisa disebabkan karena nafas yang tidak stabil. Dan pasokan oksigen menuju otak juga tidak mencukupi. Dan pada akhirnya, kegelisahan pun melanda penderita paru-paru basah.

6. Nafsu Makan Berkurang

Tidak hanya menjadi sering gelisah, para penderita paru-paru basah juga akan mengalami nafsu makan menurun. Sehingga orang yang menderita penyakit ini akan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Hal ini akibat adanya infeksi dari bakteri dan virus yang menyerang paru-paru.

7. Dada terasa Nyeri saat Batuk

Ingat gejala yang sebelumnya? Orang yang mengalami paru-paru basah akan terkena batuk-batuk. Akibat seringnya batuk, maka akan membuat nyeri pada dada. Semakin sering batuk, Anda akan sering menarik nafas dan dada menjadi sakit. Jadi, selalu waspadalah.

8. Nyeri Otot Dada

Kalau sebelumnya muncul nyeri pada bagian dada, maka gejala lain dari penderita paru-paru basah adalah munculnya rasa nyeri otot dada. Pada kondisi ini, otot-otot dada tertarik dan menyebabkan masalah nyeri. Jangan anggap remeh masalah ini, karena jika dibiarkan saja bisa menyebabkan sakit yang lebih menyakitkan.

9. Sering Berkeringat, khususnya di Malam Hari

Pada malam hari, Anda bisa mendeteksi gejala paru-paru basah lebih mudah. Pada malam hari, penderita paru-paru basah lebih mudah berkeringat. Dan ini sering terjadi, alias tidak jarang-jarang. Jadi akan berbeda pada saat Anda berkeringat saat kondisi panas. Penderita paru-paru basah akan mudah berkeringat meskipun suhu di malam hari lebih dingin dari siang hari.

10. Mengalami Asma

Asma adalah salah satu gejala yang bakal dialami penderita paru-paru basah. Ini adalah ciri umum apalagi asma merupakan penyakit yang memang berhubungan dengan paru-paru.

Namun, Anda pun harus jeli apakah asma yang dialami merupakan asma biasa atau asma sebab paru-paru basah. Asma karena paru-paru basah juga bisa dialami bayi juga. Sehingga Anda diharuskan waspada jika mengalami asma atau susah nafas.

Penyakit itu bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Untuk terhindar dari berbagai penyakit, Anda harus memiliki imun tubuh yang kuat.

Lakukan pola hidup sehat dan jaga pola makan yang baik dan tepat. Sehingga tubuh Anda tidak mudah untuk terserang penyakit.

Dan demikian itu adalah beberapa gejala atau ciri yang umum terjadi pada penderita paru-paru basah. Jangan anggap sepele penyakit yang muncul pada diri Anda. Meskipun itu ringan, Anda harus segera menanganinya. Tentu saja harus dengan cara yang benar dan tepat.

Baca juga: Inilah 3 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kanker

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *