Ragam Manfaat Jeruk Nipis yang Harus Kamu Ketahui!

ragam-manfaat-jeruk-nipis

Kesehatanku.my.id – Biasanya jeruk nipis dijadikan pelengkap saat kamu akan mengkonsumsi soto atau bisa juga mencampurkannya dengan teh menjadi lemon tea. Jeruk nipis termasuk ke dalam keluarga buah jeruk dan menjadi sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan tersebut dapat melindungi tubuh kamu dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan radikal bebas ataupun bahan kimia yang merusak sel. 

Beragam vitamin yang terkandung dalam jeruk nipis seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Kalium, Kalsium, dan Magnesium. Ada beragam manfaat yang ditawarkan jeruk nipis mulai dari membuat sedap sebuah makanan, hingga mencegah atau menghentikan kerusakan yang terjadi karena radikal bebas. Berikut di bawah ini beragam manfaat jeruk nipis yang perlu kamu ketahui. Disimak yaa!

1. Meremajakan Kulit

Kandungan vitamin C, flavonoid, serta antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat kolagen. Dengan rutin mengkonsumsi air jeruk nipis maka akan dapat membantu melembabkan dan meremajakan kulit kamu.

Kamu juga bisa menemukan kandungan Vitamin C dan flavonoid pada beberapa produk perawatan kulit tropikal. Sangat disarankan untuk tidak meletakkan jus nipis langsung pada kulit kamu karena paparan sinar matahari setelah aplikasi bisa menyebabkan phytophotodermatitis, ataupun luka bakar jeruk nipis yang menyakitkan. 

2. Memerangi Infeksi

Selama musim hujan, risiko kamu untuk terkena infeksi lebih tinggi. Jika kamu ingin tetap sehat selama musim hujan, cobalah minum jeruk nipis sepanjang hari. Pasalnya jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu dan dapat membantu tubuh kamu untuk melawan infeksi seperti flu dan virus flu. Hal ini dapat mempercepat durasi suatu penyakit. 

Baca juga: Kumpulan Artikel Terbaru Tentang Kesehatan dari Popbela

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pastinya setiap orang ingin mempertahankan berat badannya yang sehat. Tetapi sayangnya untuk menurunkan berat badan itu tidak semudah saat mengucapkannya.

Nah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang lainnya adalah dapat membantu mengatur berat badan. Adanya kandungan asam sitrat didalamnya dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar kalori lebih banyak lagi, serta dapat menyimpan sedikit lemak. 

Tetapi meski begitu, kamu harus tetap melakukan aktivitas fisik dan kontrol porsi secara teratur. Hal ini penting karena akan menurunkan berat badan dan kontrol berat badan. Untuk mengawali hari dengan baik serta diperbaikinya metabolisme, bisa dengan mengkonsumsi segelas air jeruk nipis di pagi hari, ataupun menghisap baji jeruk nipis sebelum makan.

4. Menurunkan Gula Darah 

Jeruk nipis yang merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dapat membantu mereka penderita diabetes. Pasalnya indeks glikemik rendah yang dimiliki jeruk nipis dapat membantu mengatur bagaimana tubuh kamu menyerap gula ke dalam aliran darah. Sehingga kemungkinannya mengakibatkan gula darah mengalami mengalami lebih sedikit lonjakan. 

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan potassium baik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Kalium secara alami dalam jeruk nipis dapat membantu menurunkan tekanan darah serta meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Adanya senyawa pada jeruk nipis yang disebut dengan limonin kemungkinannya dapat mengurangi kadar kolesterol. 

Tekanan darah tinggi jika dikombinasikan dengan kolesterol tinggi dapat menyebabkan mengeras dan mempersempitnya pembuluh darah. Mereka juga dapat meningkatkan risiko untuk terkena serangan jantung, stroke, serta penyakit jantung. 

 

Selain 5 manfaat jeruk nipis di atas, masih ada manfaat lainnya untuk kesehatan seperti dapat mencegah kanker dan mengurangi peradangan. Tertarik untuk mulai rutin mengkonsumsi buah jeruk nipis?

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *