Cara Memilih Buah Alpukat dan Mengenali Tingkat Kematangannya

cara-memilih-buah-alpukat

Kesehatanku.my.id – Siapa yang tidak suka dengan buah alpukat? Buah ini mempunyai sejuta khasiat bagi kesehatan tubuh. Belum lagi rasanya yang creamy dan pulen sehingga membuat buah ini disukai oleh banyak orang. Kita yang berada di Indonesia beruntung karena alpukat selalu tersedia. Namun dalam memilih buah alpukat ternyata ada caranya loh guys! Kita tidak bisa memilih dengan asal, ada beberapa cara memilih buah alpukat dengan mengenali tingkat kematangannya.

Tidak terlalu sulit untuk mengetahui apakah buah alpukat yang akan dibeli sudah matang, belum matang, atau terlalu matang. Ingin tahu caranya? Yuk simak beberapa hal di bawah ini yang bisa kamu perhatikan sebelum memilih buah alpukat!

1. Warna Kulit

Tips memilih alpukat yang benar adalah melihat pada warna kulit alpukatnya. Langkah ini adalah langkah awal dan bisa kamu lakukan pada saat memilih. Warna alpukat yang berwarna hijau terang maka alpukat tersebut masih muda alias belum matang sempurna. Untuk itu pilihlah alpukat dengan warna kulit ungu cerah dan mengkilap. Jangan memilih berwarna ungu atau coklat kusam karena buah tersebut terlalu matang dan benyek saat memakannya. 

2. Tekstur Buah

Langkah selanjutnya dalam memilih buah alpukat yang matang yaitu dengan meraba kulit buah. Alpukat yang matang akan terasa empuk namun tidak benyek. Kamu bisa mengetahuinya dengan memencet permukaan kulit alpukat dengan satu jari jangan menggunakan seluruh tangan. Jika terasa empuk ada sedikit tekanan saat menekan, namun jika alpukat yang terlalu matang akan terasa benyek saat memencetnya.

3. Tangkai

Langkah selanjutnya yaitu bisa kamu cek pada bagian tangkainya. Jika alpukat masih tersisa pada bagian batang tangkai maka bisa kamu coba petik lalu lihat lubang yang ditinggalkan batang tangkai tersebut. Jika lubang berwarna hijau maka alpukat tersebut telah matang sempurna. Namun jika alpukat tersebut berwarna coklat muda maka alpukat tersebut belum matang sempurna. Namun jika kamu menemukan lubang berwarna coklat gelap atau hitam maka alpukat tersebut terlalu matang.

4. Kupas

Setelah melalui tiga tahap di atas, sekarang waktunya mengupas alpukat. Selama ini banyak orang mengupas alpukat dari tangkai secara vertikal. Padahal cara yang paling benar untuk mengupas alpukat adalah dari tengah secara horizontal

5. Daging Buah

Selanjutnya yaitu kamu bisa melihat dari dagingnya ketika dikupas. Buah alpukat yang matang dagingnya lembut dan bersih berwarna kuning cerah tanpa serat hitam. Sebaliknya jika dagingnya berwarna kuning namun terdapat serat coklat didalamnya maka alpukat tersebut terlalu tua atau terlalu matang.

6. Mematangkan Alpukat

Jika kamu terlanjur membeli alpukat yang belum matang dengan warna kulit hijau muda cerah, kamu bisa mematangkan alpukat dengan cara menyimpannya beberapa hari dengan cara membungkus alpukat menggunakan kain lalu masukan kedalam wadah tertutup.

Alpukat akan mengeluarkan gas etilen yang berfungsi mematangkan daging secara alami. Ketika alpukat di petik, maka buah alpukat langsung mengeluarkan gas etilen. Jika kamu menyimpan alpukat pada tempat terbuka maka proses pematangan tidak akan sempurna. Sebaiknya menyimpan pada wadah tertutup agar proses gas etilen ini membuat alpukat cepat matang sehingga mendapatkan daging alpukat yang enak, lembut dan creamy.

Bagaimana? Sekarang sudah lebih tahu kan cara memilih buah alpukat serta tips menentukan tingkat kematangan dagingnya? Lakukan tips di atas agar kamu bisa mendapatkan buah alpukat dengan kualitas terbaik. Selamat mencoba!

Baca juga: 6 Makanan untuk Meningkatkan Fokus Belajar

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *