Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Makanan yang Perlu Dihindari

Hamil

Ibu hamil memerlukan asupan makanan yang lebih dibandingkan dengan wanita yang tidak pada posisi mengandung. Porsi lebih ini bukan hanya dalam hal jumlah atau kuantitas saja namun juga kualitasnya.

Kualitas makanan dilihat dari kandungan gizi makanan tersebut apakah sudah sesuai dengan kebutuhan ibu hamil beserta janin di dalam kandungannya.

Makanan sehat untuk ibu hamil adalah yang mengandung bahan nutrisi yang dibutuhkan dengan jumlah yang sesuai untuk melakukan metabolisme bagi tubuh ibu dan calon bayi.

Bagi Anda yang memiliki istri sedang mengandung, sebaiknya selalu menyediakan makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Selain makanan sehat, ibu hamil juga memiliki pantangan untuk menyantap makanan tertentu yang memiliki resiko negatif untuk kehamilan dan tubuh ibu secara pribadi. Apa saja makanan sehat dan makanan pantangan untuk ibu hamil? Berikut ini listnya untuk Anda para suami.

Ibu-sedang-hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil adalah makanan yang kaya akan zat nutrisi untuk pembentukan sel darah dan jaringan bagi ibu dan janin, yaitu:

  1. Makanan yang kaya akan protein. Daging, telur, keju, kacang-kacangan dan makanan yang kaya protein lainnya bisa menjadi pilihan lauk yang harus diberikan pada ibu setiap hari.
  2. Makanan yang kaya akan zat besi. Sayuran hijau dan suplemen zat besi menjadi pemenuh kebutuhan zat besi untuk ibu hamil agar terhindar dari anemia dan dapat memproduksi sel darah yang dibutuhkan oleh janin.
  3. Makanan kaya asam folat. Susu, ikan dan suplemen asam folat tak boleh ketinggalan agar kebutuhan asam folat yang meningkat selama kehamilan bisa terpenuhi.

Sedangkan untuk makanan yang harus dihindari adalah makanan junk food yang kaya akan perasa buatan.

Makanan terlalu asin sehingga dapat memberi resiko ibu terkena tekanan darah tinggi dan makanan lain yang kurang sehat.

Konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil secara seimbang dan hindari makanan cepat saji untuk menjaga kondisi tubuh ibu agar selalu prima dan siap menyediakan nutrisi untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Terus baca Kesehatanku.my.id untuk update berbagai informasi terkini, berita terkini dan juga informasi menarik lainnya ya.

Baca juga: Inilah 3 Cara Agar Cepat Hamil

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *