6 Makanan untuk Meningkatkan Fokus Saat Belajar

Makanan Yang Bisa Bikin Fokus Untuk Belajar

Mungkin kebanyakan orang merasa sulit untuk fokus terhadap suatu hal, khususnya saat sedang belajar. Lantas, sulit fokus sangatlah mengganggu karena membuat seseorang kesulitan untuk mengerti apa yang dipelajari dan menyebabkan belajar menjadi tidak efektif.

Nyatanya, permasalahan sulit fokus itu merupakan hal yang mudah diatasi. Kita hanya perlu mengatur asupan apa saja yang masuk kedalam tubuh kita. Makanan yang kita makan ternyata memiliki dampak langsung terhadap darah dan oksigen yang masuk ke dalam otak, oleh karena itu makanan yang kita konsumsi sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita seharian.

Berikut 6 makanan untuk meningkatkan fokus saat belajar :

1. Alpukat

Buah Alpukat selama ini dikenal sebagai buah yang memiliki lemak dan bikin gemuk. Tapi ternyata, lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak sehat atau biasa disebut lemak monosaturated yang baik untuk tubuh seseorang.

Selain itu, tingginya asam folat serta vitamin C, K dan B membantu meningkatkan aliran oksigen menuju otak dan dapat mencegah terjadinya pembekuan darah di otak. Lantas, hal ini dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk fokus dan konsentrasi.

2. Telur

Terdapat fakta dari studi terdahulu yang mengatakan bahwa asupan omega-3 yang terdapat dalam telur dapat meningkatkan kinerja otak seseorang termasuk dalam daya ingat, fokus, dan suasana hati.  Selain itu, dalam telur juga terdapat kandungan kolin, yaitu senyawa yang dapat membantu menjaga selaput otak sehat.

3. Cokelat hitam

Penemuan dari sebuah studi pada tahun 2013 menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan kadar serotonin dan endorfin yang berperan dalam meningkatkan tingkat konsentrasi otak.

Selain itu terdapat studi yang menunjukan bahwa mengkonsumsi cokelat hitam dengan kandungan 60% kakao dapat membuat otak seseorang lebih waspada dan penuh perhatian.

4. Kopi

Kandungan kafein yang terdapat dalam secangkir kopi dapat meningkatkan fokus dan memori seseorang, secangkir kopi dianjurkan diminum saat menjelang siang namun hindari mengkonsumsi kafein sebelum tidur, setidaknya sekitar delapan jam karena tidur yang berkualitas adalah komponen penting untuk mempertajam pikiran seseorang.

5. Teh Hijau

Dalam teh hijau terdapat kandungan alami kafein yang dapat dimanfaatkan untuk membantu otak untuk fokus. Selain itu diketahui bahwa teh hijau juga dapat membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih lama dan juga teh hijau memiliki kalori sehingga dapat membantu program diet.

6. Ikan Salmon

Dalam tubuh ikan salmon tedapat kandungan DHA (docosahexaenoic acid) dan asam lemak Omega 3 yang tinggi, sehingga hal ini dapat meningkatkan konsentrasi fungsi otak. Oleh karena itu ikan ini sering direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin meningkatkan memori, kekuatan otak dan konsentrasi mereka.

Baca Juga : 5 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Author: Fatma Ningrum

1 thought on “6 Makanan untuk Meningkatkan Fokus Saat Belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *