4 Cara Memperbanyak Asi Secara Alami

cara-memperbanyak-asi-secara-alami

Kesehatanku.my.id – Memang tidak semua ibu yang sudah melahirkan itu akan memproduksi ASI yang cukup untuk bayinya. Jadi, saat seorang ibu yang baru melahirkan dan ternyata tidak bisa memproduksi cukup ASI, tentunya hal ini akan membuat ibu merasa khawatir takut tidak bisa mencukupi kebutuhan ASI bagi bayinya.

Padahal ASI ini merupakan sumber makanan utama pada bayi yang baru lahir. Lalu bagaimana cara untuk menyuburkan ASI?

Oleh karena dalam artikel tentang ibu menyusui kali ini akan membahas tentang cara memperbanyak asi secara alami sebagai berikut ini:

1. Memijat Payudara

Dengan melakukan pemijatan yang benar akan membuat produksi ASI semakin meningkat. Dimana, pemijatan ini dilakukan dari bagian pangkal payudara, lalu tekan dinding payudara menggunakan 2 jari yakni jari telunjuk dan jari tengah.

Lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudara selama 30 detik, kemudian buat gerakan memutari payudara hingga menuju puting seperti bentuk obat nyamuk. Dan lakukan hanya dari pangkal meuju puting, bukan sebaliknya.

Baca juga: Ciri-ciri Hamil Muda yang Akan Terjadi Pada Wanita

2. Memompa ASI

Cara berikutnya untuk memperbanyak produksi ASI adalah dengan memompa payudara. Hal ini dilakukan agar payudara selalu terangsang untuk memproduksi ASI. Dalam hal ini, lakukan pompa ASI secara konsisten dan berkala diantara waktu menyusui.

Pompa masing-masing payudara sedikitnya selama 10 menit. Perlu anda ketahui bahwa produksi ASI bisa meningkat ketika pukul 2-5 pagi. Sehingga jika memungkinkan anda bisa memompa ASI dalam jam-jam tersebut

3. Jangan Berhenti Menyusui

Walaupun anda merasa produksi ASI sedikit, namun anda jangan pernah berhenti untuk selalu menyusui bayi anda. Karena dengan rajin terus dan konsisten menyusui, maka hal tersebut bisa merangsang payudara untuk memproduksi ASI lebih banyak. Dan jangan lupa untuk menyusui menggunakan kedua payudara anda secara bergantian.

4. Skin to Skin Nurse

Pada saat menyusui, usahan anda untuk sesering mungkin kulit anda bertemu dengan kulit bayi, atau kulit ibu dan bayi saling bersentuhan. Jadi, jangan sampai terhalang kulit dengan kain, baik itu kaos maupun bra anda.

Begitupun dengan bayi anda, biarkan bayi hanya dalam keadaan memakai popok saja. Karena hal tersebut bisa merangsang produksi ASI dan meningkatkan ikatan emosional antara bayi dengan anda.

Itulah cara memperbanyak asi secara alami. Mungkin itu saja artikel kali ini semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua, terutama bagi para ibu yang sedang menyusui.

Baca juga: Inilah 3 Cara Agar Cepat Hamil

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *