Ciri-ciri Hamil Muda yang Akan Terjadi Pada Wanita

Tanda-tanda-awal-kehamilan

Kehamilan menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh wanita setelah melakukan pernikahan. Memiliki buah hati akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi keluarga yang baru saja dibina.

Sebelum mendapatkan momongan, proses kehamilan akan terlebih dahulu dijalani selama kurang lebih sembilan bulan.

Saat wanita mengalami hamil muda atau hamil di usia kehamilan kurang dari 1 bulan, akan ada tanda-tanda awal yang bisa dilihat dan menjadi pembeda dari kondisi sebelumnya.

Bagi Anda yang ingin mengandung, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri-ciri hamil muda untuk mempersiapkannya, antara lain:

Tanda-awal-kehamilan

  1. Payudara membesar. Setelah terjadi pembuahan, produksi hormon progesteron dan estrogen akan semakin tinggi yang mengakibatkan payudara membesar. Bukan hanya bagian isi payudara saja, namun juga di bagian putingnya dengan warna gelap.
  2. Mual dan muntah. Gejala morning sickness juga menjadi salah satu ciri dari hamil muda. Perut akan terasa mual akibat sistem hormonal. Mual bisa berakibat hingga muntah-muntah yang kerap terjadi di pagi hari. Meski normal, namun jika hal ini menjadi sangat mengganggu, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter.
  3. Kram perut. Kram pada perut juga bisa menjadi ciri-ciri hamil muda yang perlu diketahui. Kram terjadi dalam skala ringan yang membedakannya dengan gejala menjelang menstruasi.
  4. Mudah lelah. Wanita menjadi lebih sering beristirahat meski tidak melakukan apapun yang berat. Mudah lelah menjadi salah satu tanda apalagi saat usia kandungan belum beranjak 1 bulan.
  5. Perubahan bentuk tubuh. Di usia bulan pertama kehamilan, bentuk tubuh akan mulai berubah ditandai dengan membesarnya payudara, pantat dan perut. Gejala ini akan terus terjadi hingga bagian kaki terutama saat kehamilan menginjak usia lebih dari 8 bulan.

Itulah beberapa ciri-ciri hamil muda yang kerap terjadi pada wanita sebagai pengetahuan untuk Anda istri yang baru saja menikah.

Dengan mengetahui ciri kehamilan lebih dini Anda bisa mendeteksi diri sendiri apakah sudah dikaruniai keturunan berupa janin di dalam kandungan. Jika terdapat beberapa tanda di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk memastikannya.

Terus baca Kesehatanku.my.id untuk update berbagai informasi terkini, berita terkini dan juga informasi menarik lainnya ya.

Author: Fatma Ningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *